Arwana Silver Sebagai Pilihan Alternatif Untuk Dipelihara

Meskipun keterbatasan hukum, tantangan penangkaran, dan tentu saja biaya tinggi, varietas Asia mungkin akan selalu menjadi yang paling dicari. Mungkin tidak ada yang bisa dibandingkan dengan keindahan ikan arwana Golden Red.

Warna yang indah pada Super Red juga tidak ada bandingannya. Tidak peduli ikan arwana jenis apa yang menjadi saingannya, tetap saja tidak ada bandingannya untuk kedua jenis ikan tersebut.

Tapi bagi sebagian orang yang melakukan pemeliharaan kedua jenis ikan tersebut tanpa adanya sertifikat merupakan perbuatan melanggar hukum. Hal tersebut mereka lakukan karena beberapa alasan, salah satunya belum adanya dana untuk membeli arwana jenis tersebut secara legal.

Lalu bagaimana jika kita ingin memelihara ikan arwana tapi belum memiliki alokasi dana yang cukup untuk membelinya, jangan khawatir kita masih tetap bisa memelihara ikan arwana dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu ikan Arwana Silver.

ikan-arwana-silver
ikan arwana silver
Perkenalan Arwana Silver
Ikan arwana silver adalah alternatif terbaik bagi kita yang ingin memelihara ikan arwana karena harganya yang terjangkau dan selalu tersedia dipasaran. Hal ini menjadikan ikan arwana silver selalu menjadi pilihan untuk dipelihara oleh para penggemar ikan arwana yang lebih mempertimbangkan dari segi dana.

Ikan arwana jenis silver juga termasuk ikan yang tidak dapat dibandingkan dengan jenis arwana lainnya, arwana silver juga memiliki pesona yang tidak kalah dengan yang lain.

Osteoglossum bicirrhosum adalah status yang pertamakali diberikan pada tahun 1829 di francis oleh seorang ahli ilmu hewan George cuvier. Arwana silver berasal dari amerika selatan dan menghuni daerah diwilayah sungai amazon.

Ikan tersebut menghuni rawa dan perairan dangkal yang tergenangi oleh air. Dilihat dari penyebarannya ikan arwana silver tidak menyebar melalui air dengan arus yang deras. Sebagai penghuni permukaan, di alam liar mereka mengkonsumsi ikan, serangga, laba-laba, burung, dan bahkan kelelawar.

Ciri Fisik Ikan Arwana Silver
Seperti ikan arwana asia lainnya, ciri fisik yang paling menonjol adalah sungutnya. Ikan jenis ini termasuk ikan primitif dan ikan prasejarah. Selain sungut mereka, Ikan arwana silver juga memiliki karakteristik yang sama dengan arwana asia lainnya pada bagian dagunya.

Mereka memiliki penampilan meruncing lebih memanjang dari sepupu mereka di Asia, dan sirip mereka jauh lebih panjang. Sirip belakang ikan arwana silver hampir terhubung dengan sirip ekor mereka.

Arwana slver betina cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih dalam dibandingkan yang jantan, dan arwna silver jantan memiliki rahang yang lebih memanjang dibandingkan dengan arwana betina.

Ikan arwana silver termasuk ikan yang sangat besar biasanya mencapai 24 - 30 inci di penangkaran, meskipun mereka dapat tumbuh sampai 36 inci. Di alam liar, arwana silver dapat tumbuh sebesar 4 kaki panjangnya.

Mereka yang tidak terbiasa dengan arwana silver sering menganggap warna mereka akan menjadi "silver" tanpa banyak variasi. Padahal ada banyak variasi di antara ikan ini dalam hal kecemerlangan dan warna mereka. Tampilan arwana silver terlihat begitu jelas, banyak penghobi meningkatkan warna mereka melalui diet khusus seperti yang dilakukan penggemar arwana Asia lainnya.

Ikan arwana silver bisa memiliki warna yang keperakan, abu-abu terang, atau warna putih yang mencolok. Atau akan terlihat metalik dengan kemilaunya, atau juga dengan warna yang monoton.

Ada juga arwana silver dengan bintik biru di tubuhnya, merah, atau hijau dalam skala opalescent mereka. Kebanyakan memiliki warna biru khas di belakang insang. Sirip dan ekor arwana silver bisa merah atau biru sepanjang tepi atau secara keseluruhan.

Sifat Ikan Arwana Silver
Arwana silver termasuk ikan predator dengan sifat yang sama dengan arwana asia lainnya. Ikan arwana akan mengkonsumsi segala makanan yang muat di mulutnya, jadi jangan ada ikan lain yang kira-kira akan bisa dilahapnya menjadi satu dalam akuarium, kecuali untuk pakan saja.

Akuarium yang besar adalah tempat yang cocok untuk ikan arwana ini, agar ikan arwana dapat berengan dengan bebas, kesamping kebawah dan ke atas permukaan.

Banyak hobiis yang mengatakan jika ikan arwana silver sedikit lebih aktif dibandingkan ikan arwana jenis lainnya, selin itu juga ikan arwana silver lebih mudah dijinakan.

Arwana silver dapat dilatih untuk mengambil makanan langsung dari tangan kita, tanpa merasa takut, sedangkan arwana jenis lain tidak mudah.

Perawatan Ikan Arwana Silver
Ikan arwana silver dan arwana jenis lainnya memiliki kesamaan dalam hal habitat dan cara perawatannya. Ikan arwana memerlukan akuarium yang besar, Bersih, airnya terpelihara dengan baik, dan bervariasi, makanan yang berkualitas.

Selalu memperhatikan kebersihan akuarium arwana dapat mencegah penyakit yang sering menyerangnya. Mata juling adalah hal yang paling sering diderita ikan arwana silver, tapi mata julin pada ikan arwana dapat di obati, berikut adalah cara mengobati mata juling pada ikan arwana dan pencegahannya.

Salah satu yang harus kita pertimbangkan ketika akan membeli ikan arwana bahwa ikan arwana tersebut bukan hasil dari tangkapan langsung di alam liar, jika dari tangkapan liar jangan dibeli, agar keberlangsungan hidupnya tidak terancam di alam liar.

Karena tidak sedikit ikan arwana silver yang beredar dipasaran merupakan hasil tangkapan liar. Silahkan dipastikan untuk keasilan ikan yang akan kita beli bahwa ikan tersebut merupakan hasil penangkaran, dan jika ikan tersebut memang hasil tangkaran.

Dipastikan setingan akuarium dirumah kita sama dengan yang ada di penjualnya, agar ikan tersebut tidak perlu banyak beradaptasi

Tindakan ini harus kita lakukan pada semua jenis ikan arwana yang akan kita beli. Hal ini dilakukan supaya ikan arwana silver tetap terjaga di alam liar, dan menjaga agar harganya tidak melambung seperti harga ikan arwana super red ataupun golden red. Akhir kata, selamat memelihara arwana silver dan dirawat baik-baik ya ikannya.

sumber: http://ezinearticles.com/416059

Labels: ,