Hal Wajib Diketahui Pecinta Ikan Arwana

Hal wajib diketahui pencinta ikan arwana - Ikan arwana adalah jenis ikan air tawar dengan bentuk tubuh dan tulang kepalanya memanjang. Umumnya ikan arwana dibagi menjadi 10 jenis, empat jenis bisa dijumpai di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tiga jenis tersebuar di Amerika Selatan, di Australia dua jenis, dan di Afrika satu jenis. Ikan arwana dikenal juga sebagai rajanya ikan tropis, hal ini disebabkan ukuran tubuhnya yang cukup besar.

Sebagai contohnya ikan arwana yang berada di Amerika Selatan diketahui dapat melompat sampai 2 meter untuk menangkap serangga atau burung sebagai makanannya yang berada di pohon. Ikan arwana juga mampu memangsa kelelawar. Ikan arwana juga dikenal sebagai ikan yang memberikan perlindungan terhadap telur-telurnya dengan baik setelah menetas, dan menjaga anak-anaknya di dalam mulutnya agar tetap aman dari pemangsa lain.

ikan arwana merah
ikan arwana merah
Ikan arwana adalah ikan hias dengan harga yang tinggi, terutama di negara-negara Asia. Orang Tiongkok percaya jika ikan arwana asia terutama arwana red yang langka, merupakan ikan pembawa energi Feng Shui positif. Sehingga ikan ini diberikan julukan "dragon fish" atau ikan nanga.

Memiliki satu atau duah ikan arwana, terutama ikan arwana red dianggap sebagai sebuah tanda kemakmuran dan kekayaan. Tapi untuk sementara ini ikan arwana dapat dijadikan untuk memperindah setiap sudut di rumah kita, dan yang perlu diingat adalah ikan arwana jenis tertentu perlu diberikan perawatan yang baik karena termasuk spesies yang terancam punah di alam liar.

Source: http://EzineArticles.com/5764746

Ikan arwana red termasuk jenis yang paling banyak di inginkan oleh pecinta ikan arwana karena bentuknya yang indah, dan tentu harganyapun cukup mahal bagi sebagian orang. terutama untuk warnanya dengan merah yang khas. Ikan arwana red ada beberapa varian, yaitu RTG (red tailed golden), chili red, super red and blood red. Varietas ini bukan hanya saja dibedakan berdasarkan warnanya tapi juga berdasarkan bentuk fisik lainnya seperti ukuran sirip, bentuk tubuh, dan ukuran tubuhnya. Lihat selengkapnya pada artikel berikut ini mengenai jenis ikan arwana super red di pasaran.

Ikan arwana juga dapat ditemukan di Amerika Selatan, Afrika dan Juga Australia. Untuk varietas dengan bermacam macam warna hanya dapat ditemukan di Asia tenggara. Untuk ikan arwana hijau dapat di temukan hampir di semua negara Asia Tenggara, sedangkan ikan arwana merah hanya dapat ditemukan di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Disatu sisi dengan permintaan yang tinggi dipasaran akan ikan arwana merah semaikin terancam pula habitat ikan tersebut di alam. Oleh karena itu ikan arwana merah atau red arowana termasuk dalam daftar dilindungi.

Untuk makanannya sama seperti ikan arwana lainnya, harus diberi makanan hidup seperti ikan atau udang, hal ini untuk menjaga agar kesehatan mereka dalam kondisi yang prima. Silahkan kunjungi artikel berikut ini untuk jenis makanan arwana yang baik untuk kesehatan arwana.

Source: http://EzineArticles.com/5764776

Labels: ,