Cara Pengobatan dan Jenis Obat Ikan Arwana

Cara pengobatan dan jeni obat ikan arwana - Keberhasilan mengobati ikan arwana yang sakit tergantung oleh beberapa faktor. Seperti kualitas air akuarium dan juga seperti apa kondisi ikan arwana sebelum munculnya penyakit, kecepatan menangangi, keakuratan pengobatan dan juga tingkat keparahan dari penyakit yang diderita ikan arwana mempengaruhi keberhasilan penyembuhannya. Faktor-faktor tersebut dapat kita kendalikan dengan pendekatan yang proaktif untuk mempercepat proses pemulihan dari sakit.

Tank karantina ikan arwana
Meskipun ikan arwana yang kita miliki sudah terbebas dari masalah penyakit, tapi sangat perlu untuk melakukan perawatan pada tank tersebut. Hal ini berguna apabila terdapat ikan arwana baru yang akan dipelihara, dimasukkan sementara pada tank penampungan sementara sebelum ditempatkan pada tank atau akuarium utama. Apabila ikan arwana yang baru memiliki penyakit dapat dengan mudah ditangani untuk diobati. Ini dapat berfungsi untuk mencegah penggunaan antibiotik untuk ikan arwana yang masih sehat.

Apabila kita hanya memiliki satu ikan arwana, akuarium karantina dengan ukuran yang tidak terlalu besar juga masih bagus, asalkan ukurannya menyesuaikan dengan ukuran ikan arwana. Disamping untuk melakukan karantina apabila ada ikan arwana baru, dapat berguna juga untuk mengisolasi makanan hidup ikan arwana dan tanaman, supaya terbebas dari berbagai jenis parasit yang merugikan arwana.

jenis obat ikan arwana
pengobatan ikan arwana

Jenis obat ikan arwana
Berbagai jenis obat ikan arwana tersedia cukup banyak dipasaran. Kita perlu untuk mengetahui dasar penggunaan obat tersebut. Bukan hanya kita mampu mengidentifikasi penyakit ikan arwana, tapi kita harus mengetahui bagaimana cara mengobatinya dengan cepat dan tentunya aman.

Terdapat tiga jenis tipe obat basic untuk ikan arwana: antibiotik bakteri, anti parasit, dan anti jamur. Meskipun terdapat berbagai merek yang berbeda, tapi kegunaan dan kandungannya tidak jauh berbeda. Untuk melakukan pengobatan, pastikan obat cukup digunakan dalam 10 hari. Meskipun ada beberapa jenis obat ikan arwana dengan dosis hanya untuk beberapa hari saja.

1. Obat Anti bakteri ikan arwana
Obat ini berguna untuk menghentikan pertumbuhan bakteri pada ikan arwana, bahkan dapat membunuh bakteri tersebut. Tapi beberapa antibakteri tertentu dapat membunuh bakteri yang menguntungkan. Dalam masa pengobatan, kualitas air juga perlu menjadi perhatian kita. Oleh karena itu untuk menjaga kualitas air, penggunaan antibakteri hanya pada akuarium karantina saja.

Obat antibakteri ikan arawana yang umum digunakan: tetracycline (minocycline), quoniolones, erythromycin, nitrofurans.

2. Obat anti parasit ikan arwana
Obat ini dibuat untuk mengobati ikan arwana dari parasit yang menghinggapi tubuhnya. Terdapat tiga jenis parasit yang umumnya diderita arwana, yaitu: protozoa sel tunggal, cacing, dan crustacea. Untuk kedua jenis parasit yang terakhir biasanya dapat terlihat.

Terdapat obat anti parasit yang cukup efektif untuk mengobati lebih dari satu jenis parasit pada ikan arwana. Tapi beberapa juga tidak baik untuk tanaman di dalam akuarium, dan memiliki efek lainnya.

Obat anti parasit ikan arwana dapat berupa: Malachite green

3. Obat anti jamur ikan arwana
Jamur pada ikan arwana biasanya menyerang bagian luka pada tubuh ikan arwana. Cedera yang diderita biasanya dapat menyebabkan munculnya jamur. Untuk melakukan perawatan akibat jamur harus dilakukan secara berulang-ulang.

Obat anti jamur ikan arwana dapat berupa: malachite green

Penggunaan bersama beberapa jenis obat
Beberapa obat yang dapat digunakan secara bersama-sama biasanya lebih efektif dalam mengatasi lebih dari satu penyakit ikan arwana. Seperti obat yang dapat mengobati infeksi akibat parasit dengan obat pembasmi jamur.

Tapi apabila kita tidak yakin mengenai penggunaan dua jenis obat tersebut secara bersamaan, konsultasikan dengan penjual yang berpengalaman. Atau lebih baik lagi jika kita berkonsultasi dengan dokter hewan. Karena obat ikan adalah bahan kimia yang perlu pemahaman yang tepat agar dapat dengan aman untuk pengobatan.

Semoga artikel mengenai pengobatan dan jenis obat ikan arwana dapat memberikan referensi bagi anda. Baca juga artikel mengenai penyakit ikan arwana dan penanggulangannya.

Source: http://EzineArticles.com/416078

Labels: , ,